Tunggu SK Pemberhentian Gubernur, Berikut Nama Calon Legislator PAW


Gambar: Daud Tandi Arruan (Golkar), Hayati (Hanura), Reski Masran (Gerindra)

Mamasa, FMS--- Tiga orang legislator dipastikan mundur dari jabatannya sebagai anggota DPRD setelah ditetapkan KPU Mamasa pada Minggu, (22/9) sebagai pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

Setelah ditetapkan menjadi Paslon dalam Pilkada Mamasa 2024, terhadap ketiganya bakal dilakukan proses pergantian antar waktu (PAW).

Ketiga anggota dewan yang bakal diPAW tersebut yakni anggota DPRD Mamasa, Andi Faridha Fachri (Gerindra) dan  David Bambalayuk (Hanura), serta anggota DPRD Sulawesi Barat, H. Sudirman (Golkar).

Ketua Sementara DPRD Mamasa, Orsan Soleman B mengatakan dua orang anggota DPRD Mamasa telah mengajukan surat pengunduran dirinya ke pimpinan DPRD Mamasa.

"Sudah," jawabnya singkat via WhatsApp, Minggu (22/9) saat dikonfirmasi terkait surat pengunduran diri David Bambalayuk dan Andi Faridha Fachri.

Sementara saat ditanya mengenai surat permintaan PAW pimpinan dewan ke KPU Mamasa, Ia mengatakan pihaknya masih menunggu surat keputusan (SK) pemberhentian dari Gubernur Sulawesi Barat.

"Ya menunggu SK pemberhentian gubernur dulu," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Mamasa, Sumarlin menuturkan sesuai peraturan terkait PAW, partai politik akan bersurat ke pimpinan dewan dan pimpinan dewan akan bersurat ke KPU.

"Soal limitatif waktu yang ada di DPRD itu, kami tidak masuk di wilayah situ," tuturnya.

Ia menyampaikan ketika pimpinan DPRD menyampaikan surat permintaan PAW, pihaknya akan melakukan tindaklanjut paling lama lima hari.

"Mekanisme yang ada adalah pimpinan DPRD menyurat ke kami terkait permintaan nama-nama yang akan melakukan PAW," ucapnya.

Untuk konfirmasi terkait PAW DPRD Provinsi Sulawesi Barat, hingga berita ini dirilis belum ada pihak terkait yang dapat dikonfirmasi.

Namun jika merujuk pada perolehan suara hasil Pemilihan Legislatif Kabupaten Mamasa tahun 2024, maka peraih suara terbanyak kedua Partai Hanura Dapil Mamasa I adalah Hayati dan untuk Partai Gerindra Dapil Mamasa I yakni Reski Masran.

Sementara untuk DPRD Provinsi Sulawesi Barat, peraih suara terbanyak kedua dari Partai Golkar Dapil Mamasa yaitu Daud Tandi Arruan. (klp)

Related

MAMASA 8469647666950907834

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene