Kemensos RI Gelar Bakti Sosial Di Mamasa, Bawa Banyak Bantuan


Mamasa, FMS--- Kementerian Sosial (Kemensos) RI lakukan sejumlah kegiatan sosial di Kabupaten Mamasa. Acara puncak bertajuk Bakti Sosial itu digelar di Aula GTM Mamasa pada Selasa (24/9).

Kegiatan puncak tersebut dihadiri Pejabat Kementerian Sosial, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Pemerintah Kabupaten Mamasa, dan perwakilan penerima manfaat dari berbagai macam cluster.

Penyerahan secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh Dirjen Rehabilitas Sosial, Kemensos, Supomo yang diterima oleh Pj Bupati Mamasa Muhammad Zain.

Untuk program pembebasan ODGJ dari pasungan, Ia mengatakan telah menyerahkan bantuan obat-obatan kepada pemerintah daerah.

"Baksos saat ini, kami dari Kemensos bawah obat, kemudian pemda akan berikan dan akan melepas mereka agar bebas," katanya.

Dalam kegiatan Bakti Sosial tersebut, Kemensos memberikan bantuan senilai total Rp 6.904.580.423 yang diperuntukkan untuk berbagai macam bantuan, seperti bantuan ATENSI (Asistensi Rehabilitasi Sosial), penyerahan Alat Bantu Disabilitas sebanyak 133 unit, bantuan Pemberdayaan Ekonomi, bantuan bagi Komunitas Adat Terpencil, bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) dan Air Bersih, kegiatan Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana, Operasi Katarak, Bebas Pasung, Sosialisasi Kesehatan Jiwa serta Layanan Fisioterapi.

Untuk bantuan ATENSI yang diserahkan berupa bantuan sembako, perlengkapan kamar, perlengkapan dapur dan perlengkapan sekolah sejumlah 3.922 paket.

Dibidang Pemberdayaan Ekonomi, bantuan yang diserahkan berupa bantuan Ternak Ayam Kampung di Dusun Rantekatoan, bantuan Budidaya Ikan di Dusung Mongi, antuan Mesin Jahit dan erlengkapannya untuk Kelompok Tenun di Kecamatan Balla, serta bantuan Perlengkapan Olahraga untuk pemuda dan sekolah. 

Pada Kegiatan Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana, Kemensos membentuk Kampung Siaga Bencana di Kecamatan Bambang dan Kecamatan Nosu. 

Tagana Masuk Sekolah juga dilaksanakan di 15 sekolah. Selain itu dilaksanakan pula pemenuhan Buffer Stock di Lumbung Sosial Kecamatan Bambang dan Kecamatan Nosu. 

Bantuan Komunitas Adat Terpencil yang diberikan berupa bantuan isian rumah dan sembako, nutrisi serta bantuan usaha bibit ternak babi diberikan kepada 66 kepala keluarga.

Kemensos juga membangun dua unit RST yaitu di Kecamatan Tandukkalua dan di Kecamatan Mamasa, serta membangun satu unit instalasi air bersih di Desa Osango.

Untuk Operasi Katarak, Kemensos melaksanakan kegiatan tersebut di RSUD Kondosapata pada tanggal 23-24 September. Operasi gratis dilakukan kepada 146 pasien. 

Sebelum operasi katarak dilaksanakan, sebanyak408 data masyarakat yang terjaring. 256 orang calon pasien mengikuti screening kesehatan yang dilakukan pada tanggal 15, 16,dan  23 September. 

Kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Kemensos membebaskan sebanyak 14 ODGJ dari pasungannya.

Bakti Sosial yang saat ini dilaksanakan merupakan salah satu rangkaian dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan Kemensos di Kabupaten Mamasa dengan nilai anggaran Rp. 140.927.568.000

Rincian alokasi anggaran untuk kegiatan Kemensos di Mamasa yakni (1). Baksos senilai Rp. 6.904.580.423, (2). Bantuan PKH senilai Rp. 19.589.787.000, (3). Bantuan Sembako sebesar Rp. 115.075.200.000. (klp)

Related

MAMASA 5491367599390697709

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene