Disnakertrans Mateng Tingkatkan Kapasitas Ketenagakerjaan Melalui Pelatihan Tata Busana

Instruktur asal BLK Anita, Andi Marhani menyampaikan materi.
MATENG, FMS -  Sebanyak 20 peserta dari 5 Kecamatan se Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) mengikuti pelatihan Tata Busana.  

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Bidang Ketenagakerjaan di Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Mateng, untuk meningkatkan keterampilan warga dibidang tata busana. 

Kepala Bidang Ketenaga Kerjaan Disnakertrans, Nurdin Anwar, SE mengatakan, keterampilan tata busana merupakan salah satu usaha yang memiliki potensi bagi warga Mateng untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Kata Nurdin, pengetahuan keterampilan tak hanya untuk ibu rumah tangga atau perempuan saja, tetapi juga bagi generasi muda yang memiliki minat di bidang menjahit.

Kabid Ketenagakerjaan Disnakertrans Mateng, Nurdin Anwar saat di temui wartawan FMS.
"Selain dilatih keterampilan, juga dibekali fasilitas mesin jahit dan kebutuhan lainnya untuk kelanjutan usaha setelah pelatihan. 

Namun tentu saja, akan tetap di pantau untuk mengetahui seberapa jauh perkembangannya," jelas Nurdin saat ditemui di Aula Wisma Fadilah. Kamis (12/9/2024).

Untuk membekali pengetahuan keterampilan peserta Bidang Ketenagakerjaan menggandeng pemateri sekaligus instruktur dari Balai Latihan Kerja (BLK)/ Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Anita dari Provinsi Sulbar.  

Istruktur asal BLK/LPKS, Andi Marhani Asma menjelaskan, usai dibekali pengetahuan, peserta juga berikan fasilitas kerja secara berkelompok.

Menurutnya, kelompok yang sudah dilatih akan dikontrol setiap dua atau tiga bulan sekali, jika ditemukan ada kelompok tidak berjalan maksimal fasilitas akan ditarik untuk di alihkan kelompok yang lain. 

Hal itu sengaja dilakukan, agar pelatihan dan pemberian fasilitas tidak sia sia. Dengan harapan, kegiatan yang dilaksanakan dapat maksimal nantinya.

"Harapan kami, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan sekaligus menjadi usaha tambahan bagi masyarakat untuk menunjang kesejahteraan bagi keluarga," jelas Andi Marhani.

Tampak seluruh peserta antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sejak tanggal 10 hingga 12 September 2024. (jml)

Related

MATENG 9077149139607044308

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene