Kebakaran Ini Habiskan 15 Hektar Lahan, Damkar Polman Tak Bisa Jangkau Lokasi

Warga memadamkan api dengan kayu. (Foto: Asrianto/Fms)
Polewali Mandar, fokusmetrosulbar.com-- Kebakaran lahan di pulau Battoa, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Senin (24/7) menghabiskan lahan sekitar 15 hektar. Hal itu diungkap warga setempat, Darus.

Menurut Kepala Dusun Lendang Bottoa ini, api pertama kali muncul dari dusun Kapejang. Si Jago Merah kemudian menyebar hingga ke Dusun Lendang.

Warga yang sempat panik karena api mendekati pemukiman mereka mencoba ambil tindakan untuk jinakkan api. Mereka menemui kendala peralatan yang tidak tersedia. Selain itu, akibat angin kencang yang bertiup membuat api semakin cepat membesar dan menyulitkan warga. Diperparah lagi, karena Dinas Pemadam Kebakaran Polman kesulitan menjangkau lokasi yang memang berada di pulau terluar.

"Memang setiap tahun kalau musim kemarau sering kebakaran Pak," kata Darus, Kadus Landeng.

Sumber api diduga berasal dari kebun salah seorang warga.

Kepala UPTD Dinas Pemadam Kebakaran Polman Jamaluddin mengatakan, pihaknya sudah lama menerima informasi kebakaran tersebut. Namun menjadi kendala adalah sulitnya medan dan lokasi untuk dijangkau petugas.

"Ini yang jadi kendala karena berada jauh di luar Pulau," aku Jamaluddin.

Dari pantauan fokusmetrosulbar.com, api mulai beraksi sejak pukul 10.00 Wita hingga berhasil dipadamkan warga pada sore sekitar pukul 16.00 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (ant/har)

Related

POLMAN 6689268432497554782

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene