Waduh, Ternyata Ini Sebabnya Kantor Desa Sumberjo Didemo

Warga Dusun Kebumen saat diskusi dengan pihak Pemerintah Desa Sumberjo (Foto: Anto/fms)
Polewali Mandar, fokusmetrosulbar.com-- Puluhan warga Dusun Kebumen, Desa Sumberjo, Kecamatan Wonomulyo, Polman mendatangi kantor desa setempat, Kamis (8/6). Mereka melakukan protes atas diberhetikannya Kepala Dusun Kebumen, Suwardi.

Tiba di kantor desa, warga kemudian melakukan orasi singkat. Mereka menuntut agar kepala desa mencabut keputusannya. Warga kemudian diterima Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta beberapa perangkat desa lainnya. Dalam aksinya, warga juga menyerahkan surat penolakan pemberhentian kepala dusun. Surat tersebut telah dibubuhi ratusan tanda tangan warga Dusun Kebumen.

Koordinator aksi Yatijan menyampaikan, kesalahan Kepala Dusun Kebumen atas lambatnya penyelesaian pajak telah sepenuhnya dilunasi. Sehingga tidak ada lagi alasan memberhentikan Kadus Kebumen.  Warga berjanji, jika tuntutan mereka tidak terpenuhi akan melakukan demo dengan massa yang lebih banyak lagi.

"Kemarin yang jadi kesalahan Kepala Dusun adalah masalah pajak. Namun itu sudah dilunasi," Ujarnya.

Menanggapi permintaan para pendemo, Kepala Desa Sumberjo,Murdipin mengatakan, surat  pemberhetian Kadus Kebumen telah diberikan bulan lalu. Hal itu dilakukan terpaksa karena Kepala Dusun Kebumen sudah tidak bisa bersinergi dengan pemerintahan desa.

Kades Murdipin menuding, beberapa kesahalan pernah dilakukan Kadus Kebumen, diantaranya dari segi keuangan pajak yang tidak beres, serta sering mengambil keputusan tanpa konfirmasi dengan kepala desa.

"Saya menginginkan kepala dusun yang bersikap mandiri. Harus mengurusi dusunnya masing-masing," kata Murdipin.

Kepala Desa Sumberjo menjelaskan, sebelum melakukan aksi demo hari ini, beberapa waktu lalu, warga Dusun Kebumen juga telah menanyakan tentang kesalahan Kadus, sehingga diberhetikan.

"Karena itu, saya telah mempelihatkan data-data yang telah dilanggar. Misalnya, pajak yang harus diselesaikan terhitung mulai bulan delapan hingga bulan 12, bahkan melangkah di tahun 2017 sampai bulan lima," katanya.

Dikatakan, Kadus Kebumen selama ini hanya memberi janji, namun hingga batas yang telah diberikan, janji tersebut belum juga bisa ditepati, sehingga kepala desa terpaksa mengambil keputusan dengan memberhentikan.

Untuk menyelesaikan permasalah ini, Kepala Desa Sumberjo mengaku akan terlebih dulu melakukan rapat dengan Camat Wonomulyo. (ant/har)

Related

POLMAN 5294444517966464973

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene