SPN POLRI: PELUANG EMAS UNTUK MAJENE & SULBAR


Dr. H. Muh. Idris DP, MA
(Tokoh Masyarakat Ulumanda / Deputi SDM LAN RI Jakarta)

Rencana pembangun Sekolah Polisi Negara (SPN) Polri sepenuhnya harus didukung oleh Pemda Majene dan Sulbar karena ini peluang paling menguntungkan, khususnya Kabupaten Majene. Ini opportuniti paling langkah dan tidak akan datang lagi kesempatan yang sama sampai kapan pun.

Untuk diketahui bahwa hampir semua daerah di Indonesia berburu untuk menjemput peluang agar daerahnya dapat dijadikan sentra pendidikan dan pelatihan, termasuk Polri, karena itu ini harus di seriusin Pemda Majene dan Sulbar.

Pada risalah singkat ini, kami akan gambarkan sejumlah keuntungan yang kira-kira akan diperoleh antara lain dengan kehadiran SPN di Majene: (1) Nasional branding untuk Sulbar dan Majene, (2) Cultivate interest and the attraction of easy generation in the region, atau dapat menumbuhkan animo bagi anak muda kita di daerah; (3) Dapat menggerakan dinamika sektor jasa pendidikan di Sulbar, khususnya Majene dan lebih khusus di daerah dimana kampus SPN akan ditempatkan; (4) Dapat membangun interasi antara Polri dan masyarakat dalam menciptakan dimensi security.

Untuk itu, segala prasyarat pendukung harusnya dikonsolidasi segera oleh Pemda Majene. Misalnya (1) akta hibah tanah untuk pembanguan kampus 10 sampai 20 hektar, (2) sebelumnya lokasi harus difinalisasi agar kelak tidak menimbulkan dampak sosial dan ekonomi. Ini kunci karena Kampus SPN tidak hanya kebutuhan bangunan fisik, tetapi lingkungan pendidkkan dan latihan yang komprehensif. Tempat berlatih berenang, menembak, terjung payung dan lain-lain (sesuai kurikulum latihan); (3) Pemda Majene harus membentuk tim khusus untuk membangun dialog dengan masyarakat tempat kampus SPN akan dibangun. Ini juga krusial karena Mabes Polri tidak akan memutuskan pembangunan kalau masih ada masalah dengan hak tanah warga sekecil apapun. Jadi tidak boleh Pemda Majene sekedar menyanggupi ada lahan lalu ada presure bagi masyarakat yang belakang akan muncul masalahnya.

Tentang diliriknya Sulai Kecamatan Ulumanda sebagai salah satu tempat untuk membangun kampus SPN ini, sudah sangat tepat. Di tempat ini memenuhi hampir semua unsur yang biasa dibutukan kampus SPN, yakni ketersediaan areal yang cukup, akses yang mudah dijangkau dan ketercukupan air bersih. Sulai sangat memenuhi syarat. Ini tdk boleh diperlambat. Lakukan diskusi intens untuk membebaskaskan lahan. (*)

Related

MAJENE 4281127848643554006

Post a Comment

  1. mantap itu daeng..semoga cepat terealisasi amien yra...

    ReplyDelete

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene