Rawan Banjir, Sejumlah Lembaga Susun Rencana Kontijensi Bencana

Penyusunan dokumen rencana kontijensi bencana banjir dipusatkan di Kecamatan Tobadak (foto: Jamal Tanniewa/fms)
Mamuju Tengah, fokusmetrosulbar.com -- Menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu, sejumlah instansi di Mateng, matangkan rencana aksi menghadapi kemungkinan banjir.

Penyusunan dokumen rencana kontijensi bencana banjir dipusatkan di Kecamatan Tobadak. Pertemuan yang dihelat dua hari itu diikuti jajaran TNI, Polri, LSM, Kesehatan, dan PMI. Sejumlah relawan, pemerintah desa, dan beberapa OPD Pemkab Mateng turut dilibatkan.    

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mateng Rahmat Syam menegaskan, kontijensi merupakan proses pecencanaan kedepan. Keadaan yang tidak menentu saat ini, dibutuhkan persiapan matang untuk menghadapi segala kemungkinan buruk akibat cuaca ekstrem.

Langkah yang bakal ditempuh, menurut Rahmat membutuhkan gagasan cemerlang untuk disepakati bersama. Seperti tindakan teknis, manajerial, dan sistem yang akan dilakukan. Terutama upaya pencegahan serta penanggulangan situasi darurat dan kritis. "Semua pihak kita minta beri tanggapan dan masukan atas tindakan strategis yang akan dilakukan," jelasnya, Kamis (15/6).

Diskusi penyusunan dokumen kontijensi, kata Rahmat, merujuk pada UU 24 tahun 2007 tentang PNPB dan PP 21 Pasal 17 ayat 3. BPBD Sulbar Bachtiar bersama Kepala Bappeda Mateng Drs Sigit Dwi Hastono, hadir mendukung kegiatan tersebut. (jml/riz)

Related

MATENG 560830838279365334

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene