BPOM Sulbar Lakukan Uji Formalin Sejumlah Jenis Makanan di Pasar Pekkabatta

Polewali Mandar, fokusmetrosulbar.com-- Badan Pengawas Obat dan makanan (BPOM) Mamuju melakukan uji sampel makanan di Pasar Sentral Pekkabata, Selasa (6/6). Puluhan jenis makanan di ambil dan diuji di mobil laboratorium BPOM.

Seluruh sampel makananan ini diambil dari para pedagang takjil yang berjualan di kompleks pasar sentral. Agar tidak merugikan pedagang, petugas BPOM terlebih dahulu membeli makanan yang akan dijadikan sampel. Ada 20 jenis makanan yang diambil sebagai sampel. Dari 20 jenis sampel makanan tersebut, semua hasilnya negatif atau bebas dari bahan pengawet dan formalin.

Menurut Kepala Seksi Penyidikan BPOM Burham Sidobejo, pengujian sampel makanan ini akan digelar di beberapa kabupaten di Sulbar.

"Kalau Mamuju, sudah. Hari ini kami di Polman. Setelah Polman kami akan bergeser ke Majene," terangnya.

Dari 20 sampel yang diuji dengan metode identifikasi dengan empat barometer ujian pertama yakni uji identofikasi boraks, kedua uji formalin, ketiga uji pewarna rodamin B, dan keempat, uji identifikasi pewarna metanil yellow. Keempat golongan tersebut, merupakan golongan bahan berbahaya yang ada dalam pangan.
"Kami menghimbau kepada masyarakat, agar teliti dalam membeli makanan," tutup Burham. (ant/har)

Related

POLMAN 1128934588629817123

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene