Parenting Class, Program Andalan Pendidikan Keluarga oleh Diknasbud Mamasa

Mamasa, fokusmetrosulbar.com--Bimbingan tekhnis penyelenggaraan pendidikan keluarga pada satuan pendidikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mamasa yang dilaksanakan dari tanggal 8-10 Mei 2017 ditutup oleh Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal, H. Tutug Widodo, Rabu (10/5).

Tutug yang diwawancara usai penutupan mengatakan kegiatan tersebut penting untuk dilaksanakan terebih saat ini satuan pendidikan yang ada di Mamasa hampir tidak pernah lagi melibatkan orang tua baik  di lingkuangan sekolah maupun di dalam kelas saat mendidik.

"Peran dan keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan mulai dari tingkatan PAUD sampai jenjang SMA/SMK untuk memberikan inspirasi, semangat, dan motivasi dalam pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik," katanya.
Tindak lanjut atas kegiatan tersebut, Ia menjelaskan nantinya semua satuan pendidikan pada setiap tingkatan wajib menyusun program berdasarkan format isian dengan panduan fasilitator masing-masing. "Misalnya program saat penerimaan siswa baru, mengantar anak didik di hari pertama masuk sekolah, hingga penyelesaian masalah yang dihadapi oleh peserta didik," jelasnya.

Guna memaksimalkan peran orang tua, Tutug lanjut menjelaskan akan dibuatkan program khusus yang namanya parenting class yang tehknisnya akan dibentuk oleh tiap satuan pandidikan. "Parenting class ini akan memberi ruang bagi orang tua untuk membantu tenaga pendidik memotivasi dan berbagi pengalaman kepada para siswa tentang pengalaman dan pekerjaan orang tuanya, baik itu orang tua yang bekerja sebagai petani, wiraswasta, pegawai negeri, ataupun pekerjaan lainnya sehingga siswa dapat lebih semangat menimba ilmu," lanjutnya.

Ia menambahkan bagi satuan pendidikan yang tidak hadir pada bimbingan teknik kali ini akan dilakukan sosialisasi sehingga program baik tersebut dapat diketahuai dan dilaksanakan semua pihak. (klp/har)

Related

MAMASA 899663573028752045

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene