Mateng Target Tujuh Desa Pencanangan Kampung KB

Launching Kampung KB di Kecamatan Pangale Mateng (Foto: Jamal/FMS)
Mamuju Tengah, fokusmetrosubar.com -- Tujuh desa yang menebar di lima kecamatan Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar, diproyeksi menjadi daerah pencanangan Kampung KB.

Empat diantaranya, telah resmi dibentuk. Peluncuran perdana dilaksanakan di Desa Kambunong Kecamatan Karossa 2016 lalu.  Kamis siang tadi (18/5), Pemkab Mateng kembali melaunching pencanangan kampung KB di Desa Tumbu dan Sinabatta Kecamatan Topoyo. Sehari sebelumnya, Rabu (17/5), juga dibentuk di Desa Lamba-Lamba Kecamatan Pangale.

Pencanangan kampung KB yang ditempuh dua hari di tiga desa itu, dikukuhkan asisten III Ruslan Lazim. Ia mewakili Bupati Mateng HM Aras Tammauni yang sedang dinas luar. Tampak kepala Bappeda Sigit Dwihastono beserta sejumlah pimpinan OPD, camat, TNI dan Polri, turut hadir dalam robongan pemkab.
"Setelah Idul Fitri kita kembali mengukuhkan pencanangan kampung di tiga desa," jelas Ruslan.

Tiga titik yang jadi sasaran, Desa Sejati Kecamatan Tobadak, Lumu Kecamatan Budong-Budong, dan Desa Salubiro Kecamatan karossa. Salah satu agenda prioritas yang dicanangkan Presiden Joko Widodo itu, diterget rampung usai Idul Fitri.

Kepala dinas pengendalian penduduk, keluarga berencana dan perlindungan anak (PPKB dan PA) Setyo menjelaskan, wahana pemberdayaan itu bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Olehnya, seluruh dinas terkait diharap bersinergi mendukung program tersebut. "Kampung KB bukan sekedar penekanan kepadatan penduduk, tapi juga bergerak disemua bidang," paparnya.

Pelaksanaan program kampung KB, menurut Setyo, akan terpadu program pembangunan kependudukan, KB dan pembangunan keluarga. Implementasinya akan berdinergi program pembangunan sektor terkait secara sistemik dan sistematis. Sebab itu seluruh dinas di Mateng diharapkan turut mengintervensi sesuai fungsi masing-masing.

"Itu sebab kita mengundang OPD agar menyaksikan langsung permasalahan. Sehingga OPD dapat meluncurkan program kegiatan untuk membangun kampung KB dari segala aspek," jelasnya.

Menurut Setyo, desa tertinggal merupakan salah satu kriteria pencanangan kampung KB. Syarat lain yakni wilayah perbatasan, cakupan KB rendah dan mayoritas penduduknya pra sejahtera. Termasuk pula wilayah pesisir dan daerah perbatasan terpencil. Kehadiran kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat kampung serta mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Sasaran inti kampung KB guna meningkatkan kesejahteraan penduduk. (jml/riz)  

Related

MATENG 4041454804143103694

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene