Bupati Habsi Ajak Warga Miliki Kartu Nelayan

Mamuju, fokusmetrosulbar.com--Asuransi nelayan merupakan program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia.

Pasca diterbitkannya UU No 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan Pembudi Daya Ikan dan Petambak Garam, KKP menunjuk BUMN Asuransi Jasindo untuk memberikan jaminan asuransi bagi nelayan Indonesia, nelayan kecil dan nelayan tradisional.

Untuk mendapatakan asuransi nelayan  itu sendiri memliki syarat yakni harus masyarakat yang memiliki kartu nelayan, memiliki umur maksimal 65 tahun dan memiliki kapal berkapasitas 5 hingga 10 gros ton (gt)

Penjabat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mamuju, H. Lukman Sanusi dalam menyampaikan laporan pada saat pemberian asuransi nelayan kepada dua warga Papalang dan satu warga Desa Bambu di ruang kerja Bupati Mamuju  mengatakan, masing-masing dari mereka telah mendapatkan bantuan asuransi nelayan dari Asuransi Jasindo sebesar Rp. 160 juta.

“Bantuan ini diberikan agar di gunakan sebaik munkin kalau bisa 30% untuk kebutuhan komsumtif, dan untuk 70% itu untuk produktif," kata Lukman, Selasa (16/5).

Ia juga mengatakan sebanyak 12.872 orang di Mamuju kini berpropesi sebagai nelayan, namun untuk sementara nelayan yang mendapat kartu itu sebanyak 6.440 orang.

“Dari 6 ribu nelayan yang mendapatkan kartu, hanya 1.800 yang menerima asuransi. Namun sisanya sementara kami usul," terangnya.

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid  dalam arahannya mengatakan, program ini merupakan program nasional namun terkoneksi dengan program daerah.

“Kita berharap nelayan yang ada di Mamuju yang kurang lebih 12 ribu itu semuanya memiliki kartu nelayan, agar mereka bisa mendapat asuransi, karena persyaratan untuk mendapatkan asuransi nelayan ya harus memiliki kartu nelayan itu," ungkap Habsi.

Habsi melanjutkan, ini sangat penting untuk kita lakukan agar para nelayan juga terproteksi diri dalam melaksanakan aktifitas di laut.

Rahmat Susetyo yang merupakan perwakilan dari Asuransi Jasindo Cabang Palu mengatakan, pihaknya menghimbaukan seluruh nelayan yang ada di kabupaten Mamuju agar segera mengurus kartu nelayan.

“Dengan perlindungan asuransi melalui PT Asuransi Jasindo, nelayan akan mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam menjalankan usahanya sehingga dapat memusatkan perhatian pada penangkapan ikan yang lebih baik, lebih aman dan lebih menguntungkan," tutur Rahmat meyakinkan. (HMS/har)

Related

MAMUJU 153751980207784256

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene