Simulasi Penyelamatan Korban Tenggelam Berakhir, TRC Harap Pengembangan Latihan di Gunung

Mamuju Tengah, fokusmetrosulbar.com -- Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen tim reaksi cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mateng, telah berakhir Rabu kemarin.

Kegiatan yang berlangsung empat hari itu meninggalkan kesan tersendiri bagi personel TRC. Selain mempererat kekompakan tim, peserta mendapatkan pengetahuan teknis. "Seperti cara menolong korban saat tenggelam, dan tindakan yang harus dilakukan TRC ketika menghadapi situasi darurat," ujar anggota TRC Mateng Syawaluddin, Kamis (20/4).  

Simulasi penyelamatan korban tenggelam, diharapkan berlanjut dan dikembangkan. Seperti penyelamatan korban di gunung dan tebing. Personel TRC tentunya harus menguasai teknik repling (Rappeling) tebing yang aman. "Bagi kami ini sangat penting mengingat wilayah Mateng rawan banjir dan longsor," jelasnya.

Menurut Awal, dari 25 peserta yang mengikuti kegiatan dibagi tiga kelompok. Selama latihan dipandu tim rescue Pos SAR Mamuju. Kesempatan emas itu tentunya membuat peserta antusias mengikuti rangkaian kegiatan. "Sayangnya simulasi hanya fokus dilaut sebab sungai tidak aman digunakan. Banyak binatang buasnya," kata Awaluddin. (jml/riz)

Related

MATENG 6115709977652062325

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene