Habsi: Mungkin Pulau Balabalangan Itu, ada di Tempat Lain

Mamuju, fokusmetrosulbar.com - Maraknya isu terkait klaim terhadap Pulau Balabalakang oleh daerah lain yang saat ini tengah gencar diberitakan, ditanggapi ringan Bupati Mamuju, Habsi Wahid.

Menurutnya klaim atas pulau terluar dari wilayah Kabupaten Mamuju tersebut tidak beralasan. Sebab, sejak Kabupaten Mamuju masih dalam wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), kepulauan Balabalakang jelas adalah salah satu wilayah administrasi Kabupaten Mamuju.

“Mungkin itu tempat lain “ kata Bupati, menimpali pertanyaan wartawan yang menyebutkan saat ini Balabalakang masuk dalam RTRW Provinsi Kalimantan Timur.

Berdasarkan informasi yang beredar bahwa nama yang dicaplok Kaltim yakni Balabalangan, Habsi mengaku tidak pernah mengenal nama itu.

"Yang kita punya adalah Balabalakang, jadi mungkin itu di tempat lain," jelasnya saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Senin (13/03).

Dipaparkan, selain tertuang dalam RT/RW Pemprov Sulsel sebelumnya yang kala itu Mamuju masih dalam wilayah pemerintahan Sulsel, sebagaimana diketahui Sulbar merupakan pecahan Sulsel dan saat ini Pulau Balabalakang juga termasuk dalam wilayah administrasi Pemkab Mamuju. Bahkan struktur organisasi pemerintahan Mamuju mulai dari tingkat desa sampai kecamatan telah lama ada di pulau tersebut.

Faktanya kata Habsi, selama ini Pemerintah Daerah telah lama memberikan program-program untuk Pulau Balabalakang, baik terhadap kelompok-kelompok nelayan yang berupa fasilitas kapal nelayan, maupun program lainnya. Bahkan saat ini, lanjut Habsi, Pemkab Mamuju tengah memprogramkan pengadaan Kapal Feri Mini yang diperkirakan akan menelan anggaran lebih dari satu milyar rupiah. Kapal tersebut rencanyanya akan dijadikan sarana transportasi untuk masyarakat Balabalakang ke Mamuju.

"Semua itu adalah bukti - bukti nyata yang telah dilakukan," paparnya.

Ditegaskan baik secara dejure maupun defacto, tidak ada yang tidak membenarkan bahwa Pulau Balabalakang adalah salah satu wilayah administrasi Kabupaten Mamuju. (HMS/tfk).

Related

MAMUJU 138741884841991043

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene