Gelar Operasi Simpatik, Satlantas dan Dishub Mamasa Gandeng Duta Pariwisata

Mamasa, fokusmetrosulbar.com - Pemandangan menarik kali ini ditampilkan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Mamasa yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Mamasa saat menggelar operasi simpatik, Rabu (15/3/17). 

Mereka menggandeng duta pariwisata Mamasa yang berpakaian adat daerah. Selain itu, para Polwan juga turut didandani dan memakai selendang khas Mamasa. Dan ketika operasi dimulai, para Polwan kemudian membagikan bunga kepada pengendara yang melintas. 

Hal tersebut dilakukan untuk menarik simpati dari pengguna jalan dan menonjolkan sisi humanis. Sehingga operasi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Jika biasanya saat melakukan operasi penertiban disertai dengan tindakan berupa tilang ditempat, kali ini dalam operasi simpatik lebih mengedepankan pembinaan kepada para pengguna jalan serta memberi pemahaman agar tertib dalam berlalulintas. 

Kabag Ops Polres Mamasa, Kompol Haidir yang memimpin operasi tersebut, saat dikonfirmasi disela menjalankan tugas menjelaskan kegiatan seperti ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa masyarakat Mamasa juga memiliki rasa simpati terhadap tugas kepolisian. Sekaligus mempromosikan budaya Mamasa. 

"Dengan keterlibatkan duta pariwisata yang menggunakan kostum adat Mamasa dapat menciptakan suasana yang lebih humanis," jelasnya. 

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan, Domina Mogot. Dikatakannya, operasi yang digelar guna memberi contoh pada masyarakat dalam hal ketertiban lalu lintas. Olehnya itu menurut Domina, "Salah satu cara yang kita lakukan adalah membagikan kembang ini kepada semua pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat, sebagai alat motivasi bagi mereka agar senantiasa mematuhi rambu-rambu lalu lintas," ungkap Domina.

Ia menambahkan, hal demikian sesuai dengan petunjuk dari pimpinan untuk lebih mengedepankan pembinaan dalam melakukan penertiban. 

"Pak Bupati dan Pak Kapolres sudah instruksikan agar kegiatan dilakukan dengan mengutamakan pendekatan persuasif," tambahnya.

Asri salah seorang pengguna jalan mengapresiasi cara tersebut. Ia merasa senang dengan pendekatan yang dilakukan dalam melaksanakan operasi ini. "Unik ini caranya lakukan pembinaan, barusan ini dilakukan begini. Ini akan membuat masyarakat akan benar-benar simpatik dengan tugas penertiban di jalan," katanya sumringah. (klp/tfk)

Related

MAMASA 7562430448208495084

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene