Difasilitasi Bantaeng, Pemkab. Mateng Bakal Terima Delapan Mobil Damkar Canggih dari Jepang

Foto Ilustrasi (sumber: inet)
Mamuju Tengah, fokusmetrosulbar.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju Tengah menerima bantuan hibah dua unit motor jenis Tril Kawasaki dan satu unit Mobil Rescue dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

Dikonfirmasi di ruang kerjanya sore tadi Kamis (5/01), Kepala BPBD Mateng Rahmat Syam mengatakan, bantuan hibah dari BNPB yang baru diterima pagi tadi adalah berkat upaya dan kerjasama pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mateng yang telah dipercayakan kepadanya.

"Kita patut bersyukur karena di Sulawesi Barat ini hanya ada dua kabupaten yang mendapat bantuan hibah dari BNPB, yakni Mateng dan kabupaten Mamasa," ucap Rahmat.

Selain motor dan mobil, dalam waktu singkat Pemda Mateng melalui BPBD akan menerima bantuan hibah delapan unit Pemadam Kebakaran dari Jepang yang difasilitasi oleh Pemkab. Bantaeng Sulsel.

Rahmat Syam menambahkan, jika apa yang dicapainya merupakan hasil upaya kerja keras yang dipercayakan Pemkab. Mateng terhadap dirinya.

"Kepercayaan diberikan oleh pemerintah Mateng kepada kami cukup besar, ini merupakan amanah buat saya. Saya terus berupaya maksimal untuk mendapatkan bantuan tersebut, dan Alhamdulilah Damkar tidak lama lagi kami terima," terangnya.

Dikatakan Rahmat, delapan unit Damkar akan diberangkatkan dari pelabuhan Matsuyama Jepang menuju Makassar, namun sebelumnya mampir di Jakarta untuk rekondisi.

Lebih lanjut, Kepala BPBD Mateng menjelaskan, jika pihaknya sudah mendapat estimasi anggaran biaya pengiriman sehingga dapat dipastikan akan diterima dalam waktu singkat.

Biaya pengiriman dari Jepang lanjutnya, diperkirakan mencapai Rp. 246.170.000,- sedangkan biaya izin, pelatihan operasional dan rekondisi akan membutuhkan biaya sebesar Rp.250 juta per unit.

Namun kita cukup bangga atas apa yang telah kita dapatkan karena dari sembilan kabupaten se Indonesia, Mateng termasuk salah satunya yang mendapat bantuan hibah delapan unit Damkar canggih dari Jepang," tutup Rahmat.(jml/har)

Related

MATENG 9216920402404744646

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene