Yang Prioritas Tahun 2017, Dibeberkan HM Aras Pada Perayaan HUT Desa Salule'bo

MATENG, FMS - Lapangan sepak bola Salule'bo sebagai tempat perayaan HUT ke VII Desa Salule'bo Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah, dipadati ratusan warga dari berbagai penjuru. Segala usia terlihat antusias mengikuti perayaan hari jadi       

HUT Desa Salule'bo dihadiri Bupati Mateng HM Aras Tammauni dan segenab forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Mamuju Tengah. Momentum hari jadi dipadukan peresmian 13 hasil kegiatan pembangunan infrastruktur tahun 2016. Diantaranya 5 unit jembatan, 3 gedung sekolah, 2 Puskesdes, 2 pasar desa, dan sebuah sarana air bersih. 

Peresmian fasilitas umum itu ditandai dengan penandatangan prasasti oleh bupati. Disela peresmian HM Aras Tammauni juga menyerahkan 150 persil sertifikat tanah milik warga Salule'bo. Menurutnya, infrastruktur jalan di desa itu akan terus dibenahi. Pembangunan akses transportasi selalu menjadi program utama agar warga mendapat kemudahan dalam beraktivitas. "Tahun 2017 nanti akses jalan dan jembatan kita jadikan skala prioritas," ucap mantan ketua DPRD Sulbar itu dalam sambutannya siang tadi, Selasa (27/12/2016).        

Bupati menegaskan bahwa dirinya merupakan bagian dari masyarakat Desa Salule'bo. Sebab itu bantuan dan perhatian ke desa tersebut selalu mengalir. "Makanya pemerintah dan masyarakat harus selalu sejalan dan bersinergi demi kemajuan daerah," tandas Uwe', sapaan akrabnya. 

Kadis PU Akhyar Arifin merinci, infrastruktur yang diresmikan bupati terdiri dari jembatan Kalando, Tabasse, Salumabbulang, Karomana Mambi, dan jembatan gantung Batudinding. 3 unit sekolah yakni SD Salunusu, SD Batudinding dan SMP satu atap Salule'bo. Kemudian 2 unit Puskesdes, 2 unit pasar desa, dan air bersih di Dusun Mario Pulana. 

Menurut Akhyar, belakangan ini peningkatan jalan dan jembatan di desa itu menjadi pusat perhatian pembangunan. Tak terkecuali pembenahan SD dan Satap yang berlokasi di Salule'bo. "Tapi perlu diketahui bahwa anak dibawah enam tahun belum bisa melanjutkan pendidikan di sekolah dasar," pesan Akhyar mengakhiri laporan kegiatan.      

Sementara itu, ketua DPRD Mateng Arsal Aras Tammauni memberi sinyal bahwa alokasi dana desa (ADD) Salule'bo akan ditingkatkan tahun depan. Penambahan anggaran akan dimaksimalkan sehubungan penilaian kinerja kepala desa tampak memuaskan. Khususnya pelaporan penggunaan dana tahun anggaran 2016, menurut Arsal sangat transparan. "Ini patut diberikan apresiasi dengan mendorong penambahan ADD," ujarnya. 

Putra bupati Mateng itu berharap, sekiranya persatuan dan kesatuan yang terbina selama ini terus terpelihara. Terlebih hubungan silaturrahmi harus selalu terjaga dan bahkan ditingkatkan. (jml/riz)

Related

MATENG 1798437792073649917

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene