Normalkan Lahan Kritis, Dinas Kehutanan Sulbar Salurkan 400 Ribu Pohon

Acara tanam pohon diawali dengan kegiatan seremoni di Kantor Gubernur Sulbar (foto: Awal) 
MAMUJU, FMS- Dinas kehutanan (Diskehut) Provinsi Sulawesi Barat memperingati hari tanam pohon yang jatuh hari ini, Rabu (7/12). Acara peringatan digelar dengan tajuk Penanaman Pohon Indonesia dan Bulan Nasional. Sejumlah warga turut meriahkan acara tanam pohon tersebut di Jalan Arteri Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi
Sulbar Ir. Fachruddin dihadapan para undangan menyatakan, program penanaman pohon ini dilaksanakan tepat waktu, yakni ketika memasuki musin penghujan. Fachruddin menjelaskan bahwa program ini merupakan warisan mantan presiden RI Susilo Bambang Yudoyono.

Untuk wilayah Sulbar penanaman pohon dimulai di tiga kabupaten yakni Mamuju, Majene dan Polewali Mandar.

Fachruddin pada kesempatan ini mengatakan, lahan kritis terbesar yang ada di semua wilayah di Sulbar, akan dilis untuk program penanaman tersebut.

"Semua lahan, khsusnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) akan ditanami. Seperti di DAS Karama kabupaten Mamuju, DAS hulu Mamasa, di hulu sungai Mapilli dan sungai Malunda," katanya.

Pada Tahun 2016 lanjut Fachruddin, Dinas Kehutanan Sulbar akan menyalurkan 400 ribu pohon ke Kolompok Tani. Bibit pohon yang disalurkan lewat desa itu untuk menanami lahan seluas 300 hektar.

Adapaun jenis pohon yang telah dibagikan, antara lain durian, aren, mangga, lahagaru, jabon, sengon, uru dan pohon nato. (MA/Ha)

Related

MAMUJU 7638020476934469975

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene