Mempersiapkan SDM Berkualitas, Ini Rumus Ilmuan Asal Mamasa

MAMASA, FMS - Umur tidak menjadi penghalang bagi seseorang untuk terus memberikan kontribusi positif demi kemajuan dunia pendidikan.

Semangat itu terpancar pada sosok Kepala SMA 1 Sumarorong, Arizenjaya.Ditemui di Kantor Bupati Mamasa, Rabu (3/11/16) Ia mengutarakan pikirannya untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas.

"Untuk menyiapkan SDM Sulbar, khuhusnya di Mamasa, pemerintah harus menyiapkan dana untuk mengsuport anak-anak yang mempunyai potensi dari semua kecamatan minimal dua orang untuk dibiayai pemerintah kesemua jurusan," urainya.

Dikatakan, jika misalkan ada 15 kecamatan berarti ada 30 sarjana yang siap pakai dalam 4 tahun untuk berbagi ilmu ke adik-adiknya.

"Bahkan jika memungkinkan 10 lulusan terbaik ini disekolahkan kembali ke luar negeri untuk melanjutkan studi. Sehingga dalam 7 tahun mendatang kita bisa memiliki SDM yang terukur dengan kualitas yang hebat," jelas ilmuan asal Mamasa tersebut.

Penemu rumus instrument termodinamika atau alat ukur perbedaan energi yang terkenal dengan rumusnya E=az2 ( AZ kuadrat ) yang mirip dengan rumus teori relativitas Albert Einstein (E=mc2) menuturkan, dengan SDM yang dipersiapkan, maka akan dapat diukur secara objektif kapan Mamasa akan berhasil secara kualitas.

"Jangan sampai kita punya orang pintar yang punya potensi namun tidak memiliki backup birokrasi, kesempatan, dan akses untuk mengembangkan diri," tuturnya.

Arizenjaya khawatir program pemberantasan orang miskin tidak akan berhasil jika pendidikan tidak diperhatikan. "Orang tidak mampu ketika diperhatikan pendidikannya maka orang itu real akan menjadi orang hebat dikemudian ia akan membiayai adiknya dan keluarganya," paparnya.

Saat ditanya mengenai kebutuhan guru bidang studi yang sangat urgen di Sulbar, dirinya mengungkapkan kebutuhan guru MIPA dan bahasa Inggris sangat kurang.

"Ini tanpa tendensi apa-apa, namun guru itu penting menjadi prioritas. Karena berbicara mempersiapkan SDM berkualitas itu harus komplit, kompleks, universal, integratif dan terencana secara cerdas," kncinya.(Kedi)

Related

MAMASA 6724709874792318122

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene