Jaga Keamanan dan Kerukunan, Kepolisian adakan Apel Besar Kebinekaan Cinta Damai

MAMASA, FMS - Apel Besar Kebineka-an Cinta Damai Kepolisian dengan tema 'Melalui Hikmah Hari Pahlawan ke-71 Tahun 2016 Kita Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI yang kokoh', dilaksanakan di halaman Mapolres Mamasa, Kamis (17/11).

Bertindak sebagai pembina upacara, Sekda Mamasa yang sekaligus membacakan sambutan Kapolda Sulbar. Dalam sambutan yang dibacakan, menekankan pentingnya memproteksi masyarakat, agar tidak terpengaruh isu-isu provokatif yang akan memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Perkembangan teknologi sangat mempercepat penyampaian informasi kepada masyarakat, sehingga kita harus selektif dan tidak mudah terpengaruh isu-isu yang cepat berubah dan cenderung provokatif," bacanya.

Untuk menangkal masuknya paham-paham yang akan memecah belah kerukunan dan keamanan masyarakat, Kapolres Mamasa AKBP Hanny Andhika yang ditemui usai Apel mengatakan, kerukunan masyarakat khususnya di Mamasa sudah sangat baik dan mampu menangkal gangguan dari luar. "Namum demikian, kewaspadaan harus tetap ditingkatkan, karena Mamasa ini penuh dengan kasih sayang, cinta damai, dan rasa kekerabatan yang penuh kekeluargaan dan kita berkewajiban untuk menjaga semua itu," katanya.

Dalam menjaga keamanan dan kerukunan masyarakat, Ia menjelaskan, salah satunya adalah dengan apel kebhinekaan dan cinta damai yang diadakaan saat ini. "Kita juga akan meningkatkan samban kamtibmas, kunjungan ke tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua komponen masyarakat dalam rangka menjalin dan membina kerukunan masyarakat," jelas Hanny.

Ia menambahkan, untuk memaksimalkan deteksi dini menangkal gangguan yang akan masuk, maka peran-peran kamtibmas akan ditingkatkan. Pada apel itu juga dibacakan ikrar deklarasi bersama memelihara kebinekaan dan cinta damai yang berisi: Kami siap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta Negara Republik Indonesia, Kami siap menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, Kami siap menghormati kebhinekaan dan keanekaragaman budaya, suku dan agama, Kami siap menjunjung tinggi toleransi umat beragama, dan Kami siap menjaga dasar negara Republik Indonesia yaitu Pancasila dan Undang-Undang.

Diakhir kegiatan, dilakukan penandatanganan ikrar bersama oleh seluruh peserta apel pada spanduk yang telah disiapkan sebagai bentuk dukungan untuk menjaga kebinekaan cinta damai. Apel tersebut diikuti oleh semua jajaran dan Anggota Polres Mamasa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan sejumlah Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Mamasa. (Kedi)

Related

MAMASA 7790005634351778294

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene