DP PDAM Belum Nonaktifkan Dirut, Apkan Ancam Tempuh Upaya Hukum

MAJENE, FMS - Dewan Pengawas (DP) hingga kini masih belum berdaya untuk menonaktifkan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Majene M Arif Nur.

Direktur Aliansi Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Apkan) Provinsi Sulbar Arifullah, mengatakan, DP PDAM yang sudah dilantik seharusnya bekerja untuk melakukan pembenahan instansi PDAM.

"DP sudah harus menonaktifkan Dirut. Jangan dibiarkan pelanggaran dibangun untuk kepentingan pribadi. Saya kira pak bupati sudah menentukan sikap dengan melantik DP, " kata Arifullah, Selasa (8/11/16).

Bahkan, Arifullah mengancam, bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan upaya hukum atas jabatan Dirut yang dijabat oleh M Arif hingga 14 tahun.

"Secara hukum, M Arif telah melanggar ketentuan. Dia diduga telah menerima sejumlah tunjangan yang sesungguhnya sudah bukan menjadi haknya lagi, sebab jabatan Dirut hanya empat tahun dan dapat diperpanjang satu kali. Kami menduga kalau ada konspirasi soal Dirut PDAM," sebut Arifullah.

Terpisah, salah seorang DP PDAM Majene dari utusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene Lawaji mengatakan, sejak dirinya dilantik pihaknya tengah mengevaluasi PDAM hingga enam bulan kedepan.

Kendati dia tahu, bahwa ada aturan organisasi yang mengatur tentang masa jabatan Dirut di PDAM, namun dirinya tak akan mengambil langkah gegabah melengserkan Dirut.

"Kita sudah bekerja termasuk memantau sejumkah kebocoran pada jaringan pipa untuk kemudian disampaikan kepada pak Arif. Tapi kalau serta merta langsung melengserkan Arif saya tidak berani dan semuanya saya serahkan ke atas (Bupati-red)," kelit Lawaji.

Senada dengan DP PDAM Majene lainnya, Wahab. Dia mengatakan, bahwa jabatan M Arif yang dia pernah baca adalah sebagai Direktur sementara."Hingga saat ini belum ada pencabutan SK atas Arif," akunya.

Ditanya soal SK sementara yang dikantongi M Arif hingga puluhan tahun apakah dalam katogori layak atau tidak, Wahab mengatakan, hal itulah menjadi tanda tanya."Saya juga heran soal itu. Tapi nantilah, kita akan konsultasikan kepada pak bupati soal itu," tandas Wahab.(HM)

Related

MAJENE 848153913574970024

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene