Beri Kuliah Umum di UMI Makassar, Agus Ambo Djiwa Tunjukkan Keberhasilan Pimpin Matra

PASANGKAYU, FMS - Masyarakat Kabupaten Mamuju Utara boleh berbangga, pasalnya salah satu putra terbaik Matra, H. Agus Ambo Djiwa membawakan materi kuliah umum di Fakultas Pertanian Universitas Muslim indonesia (UMI) Makassar, Jum'at (21/10).

Selain Bupati Mamuju Utara, juga dijadwalkan membawakan materi kuliah, Bupati Bantaeng Prof. Dr. H. Nurdin Abdullah, Bupati Luwu Timur Thoriq Husler, dan Ketua DPRD Makassar Farouk M Betta. Namun, bupati Bantaeng dan ketua DPRD Makassar berhalangan hadir pada kesempatan ini.

Kegiatan yang mengangkat tema" Akselerasi Swasembada Pangan Menuju Ketahanan Pangan Nasional" diselenggarakan di auditorium Al Jibra UMI Makassar. Kuliah umum ini juga dihadiri beberapa kepala SKPD lingkup pemkab Matra.

Pada kesempatan itu, Bupati Matra membeberkan beberapa keberhasilannya selama memimpin Matra, berdasarkan lima indikator dasar, yakni pertumbuhan ekonomi, pendapatan per kapita masyarakat, indeks pertumbuhan manusia (IPM), angka kemiskinan, dan angka pengangguran.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa selama memimpin Matra, ia mampu membuat angka pertumbuhan ekonomi daerah ini tertinggi di Sulbar. Jika dirata-rata-kan dari tahun 2011 hingga 2015 mencapai 11,4 persen. Ia juga menyebut bahwa angka kemiskinan dan angka pengangguran secara perlahan mampu ditekan.

Ada beberapa strategi pembangunan yang diterapkannya. Diperiode pertama yaitu dirinya fokus pada pembangunan desa melalui program gerakan membangun desa sejahtera mandiri dan bermartabat (Gema d'Smart), program ini untuk mendorong desa melakukan pembangunan secara mandiri berdasarkan asas gotong royong.

Setelah berhasil membangun desa, maka pada periode kedua ini, prioritas pembangunan beralih ke ibu kota Matra. Terutama pada penataan dan ketertiban kota, agar kota Pasangkayu bisa terlihat indah layaknya sebuah ibu kota kabupaten.

"Capaian kemajuan terhadap lima indikator pembangunan itu, selama saya memimpin telah menunjukkan angka yang menggembirakan, dan kami terus bekerja keras agar kesejahteraan masyarakat Matra bisa tercapai," terang alumni fakultas pertanian UMI ini.

Selain memberi kuliah umum, dalam kesempatan itu, bupati Matra dan pihak UMI juga menandatangani nota kesepahaman bersama, yang berisi tentang kerjasama dalam jasa konsultasi dan jasa advokasi, pendidikan dan pelat. (IA/Ha)

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene