Aneh, Suku Bunggu di Mamuju Utara Ternyata Ber-NIK Lampung dan Bogor.


PASANGKAYU, FMS. Hasil Pencocokan dan Penelitian yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk desa Pakwa Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara sangat mengherankan.

Pasalnya, penduduk asli yang mendiami desa Pakawa Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara atau yang disering disebut suku Bunggu pada dokumen kependudukannya ditemukan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari Lampung dan Bogor.

Menurut ketua KPU Mamuju Utara, Ishak Ibrahim, penduduk yang memiliki NIK di luar Kabupaten Mamuju Utara ada beberapa orang, selain itu PPDP menemukan ratusan masyarakat yang ada di Pakawa selain tidak memiliki NIK Matra juga belum memiliki KTP Elektronik.

"Cukup mengherankan juga karena mereka ini setahu saya penduduk asli di sana, bahkan bisa dikatakan suku pertama yang mendiami Mamuju Utara, tapi dokumen kependudukanya berasal dari Lampung dan Bogor," ucapnya setelah pelantikan PPK dan PPS (27/10/2016)

Untuk hal tersebut, KPU Matra, sementara waktu mencoret mereka dari daftar pemilih, sembari Disdukcapil Mamuju Utara memperbaiki dokumen kependudukan masyarakat yang berdomisili di perbatasan Sulbar dan Sulteng ini.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Sulbar terkait hal ini, dan tindakan KPU itu mencoret namanya. Tapi nanti kami akan masukan kembali kalau dokumen kependudukannya sudah ber NIK Matra,dan sudah melakukan perekaman e- KTP," sambungnya. (Has/Ia/Ha)

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene