Lanal Dibangun, Lantamal VI Makassar Jamin Keamanan Perairan Sulbar

MAMUJU, FMS - Kedepan, perairan Sulawesi Barat (Sulbar) bakal bebas dari ancaman kejahatan maritim dan kejahatan lainnya.  Tidak lama lagi, Sulbar mempunyai Pangkalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (Lanal). Sarana ini rencananya akan dibangun di Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar Laksamana Pertama TNI Yusuf menjamin keamanan perairan laut Sulbar.“Nantinya kami akan rutin melakukan patroli ke semua daerah perairan Sulbar termasuk ke pulau-pulau terpencil sekalipun, sehingga keamanan perairan Sulbar lebih terjamin,” ungkap Laksamana Pertama TNI Yusuf  pada saat melakukan tatap muka dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju pada, Rabu (21/09) di ruang pola Kantor Bupati Mamuju.

Menurutnya, Mamuju sangat memerlukan keamanan laut mengingat letaknya berada ditepi paling luar Sulawesi. "Sangat tepat memang, jika di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat ini dibangun Pangakalan TNI AL," sebutnya.

Meski menjamin keamanan perairan, tetapi Yusup mengakui masih ada ancaman lainnya seperti penangkapan ikan secara ilegal, penyebaran narkoba, pengeboman yang bisa merusak biota laut.

"Masih perlu dilakukan penyadaran kepada masyarakat, terkhusus bagi yang berada di daerah pesisir," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP. Pababari, yang menerima kunjungan Komandan Lantamal VI Makassar mengungkapkan, Lantamal yang akan dibangun sangat membantu akseleras pembangunan sekaligus menambah penghasilan masyarakat Mamuju.

Dengan terbangunnya pangkalan angkatan laut, secara tidak langsung kenyamanan dan keamanan masyarakat akan terjaga sekaligus bebas dari ancaman kejahatan maritim atau kejahatan laut.

“Keberadaan pangkalan Angkatan Laut bisa menjadi salah satu item agar Mamuju bisa diperhatikan.  Sulbar akan diperhatikan secara skala Nasional dan bisa jadi pada skala Internasional,” terang Irwan. (Hms/SR)

Related

MAMUJU 7522395241820566047

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene