Senandung Pulau Karampuang Berkumandang di Arena Jamnas X; Citizen Report

JAKARTA--Kontingen dari Kwartir Daerah (Kwarda) Sulawesi Barat kembali
ikut ambil bagian dalam agenda Jambore Nasional (Jammnas) X di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Acara yang diikuti oleh seluruh Kwarda se Indonesia itu resmi dimulai hari ini, Minggu (14/08) dan bakal berakhir pada (21/08) mendatang.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi membuka Jamnas X, agenda tahunan untuk memperingati hari jadi Pramuka tersebut. Saat
seluruh Kwarda menampilkan lagu daerahnya masing-masing, Sulawesi Barat juga tampil dengan sepenggal lagu etniknya.

Penggalan lagu 'Ooo Pulau Karampuang' jadi theme song Kwarda Sulawesi Barat pada hajatan nasional tersebut. Jadilah lagu etnik dari Kabupaten Mamuju itu diperdengarkan di arena Jamnas X secara bergantian bersama dengan sejumlah lagu daerah dari tiap-tiap Kwarda.

Kwarda Sulawesi Barat sendiri terdiri dari 223 peserta dari tingkat penggalang. Mereka datang dari 6 Kwarcab perwakilan dari semua
kabupaten di Sulawesi Barat. Mereka dipimpin oleh 11 pimpinan kontingen daerah, dan 24 pimpinan kontingen cabang.

"Kami berharap, para peserta dari Sulawesi Barat dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan selama Jamnas ini berlangsung. Tentunya, besar harapan kami agar para generasi muda kita itu bisa mengambil banyak pelajaran dari kegiatan ini, serta mampu mengaplikasikannya saat semuanya telah kembali ke daerahnya masing-masing," sebut Wakil Ketua Kwarda Sulawesi Barat, Hamzah Haya.

Disela-sela pembukaan Jamnas X, Hamzah mengatakan, Pramuka
adalah wadah yang tepat untuk membentuk karakter para generasi muda agar sanggup berkontribusi positif di tengah masyarakatnya. Ia meminta agar para peserta asal Sulawesi Barat mampu berbuat lebih banyak lagi untuk kepentingan di daerahnya masing-masing.

"Kalau selesai Jamnas, lantas tak ada yang bisa dilakukan oleh
para peserta kita di daerahnya masing-masing, saya kira percuma lah kita ikut. Idealnya, ketika acara ini selesai, para peserta kita harus mampu menunjukkan jati dirinya ke masyarakat tentang apa dan seperti apa sebagai seorang Pramuka sejati itu," demikian Hamzah Haya, pria yang juga Ketua DPRD Kabupaten Polewali Mandar itu. (*/Ha)

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene